BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 07 Januari 2010

Tugas ke-VI "kesimpulan"

Kesimpulan dari seluruh tugas yang sudah ibu berikan kepada saya,dapat memberikan pengetahuan kepada saya tentang keunggulan kompetitif dalam e-business (pada tugas pertama) disini saya dapat mempelajari karakteristik dari keunggulan kompetitif yang terdiri dari sebagai berikut :


1. Pada level operasional, yang terjadi dalam e-business adalah restrukturisasi dan redistribusi dari bit-bit digital (digital management), sehingga mudah sekali bagi perusahaan untuk meniru model bisnis dari perusahaan lain yang telah sukses.

2. Berbeda dengan bisnis konvensional dimana biasanya sebuah kantor beroperasi 8 jam sehari, di dalam e-business (internet), perusahaan harus mampu melayani pelanggan selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari, karena jika tidak maka dengan mudah kompetitor akan mudah menyaingi perusahaan terkait.

3. Berjuta-juta individu (pelanggan) dapat berinteraksi dengan berjuta-juta perusahaan yang terkoneksi di internet, sehingga sangat mudah bagi mereka untuk pindah-pindah perusahaan dengan biaya yang sangat murah (rendahnya switching cost).

4. Fenomena jejaring (internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga kontrol kualitas, harga, dan kecepatan penciptaan sebuah produk atau jasa kerap sangat ditentukan oleh faktor-faktor luar yang tidak berada di dalam kontrol perusahaan. dan

5. Mekanisme perdagangan terbuka dan pasar bebas (serta teori perfect competition) secara tidak langsung telah terjadi di dunia internet, sehingga seluruh dampak atau dalil-dalil sehubungan dengan kondisi market semacam itu berlaku terjadi di dunia maya.

Dan juga pada tugas pertama saya dapat mempelajari tujuh aspek yang menjadi perhatian besar oleh sebuah perusahaan dalam keunggulan kompetitif di dalam dunia maya, ketujuh aspek tersebut adalah:


1.Customer Service
2. Price
3. Quality
4. Fulfillment Time
5. Agility
6. Time to Market
7. Market Reach


Dalam tugas kedua saya dapat mengetahui apa itu yang dimaksud dengan Sistem Informasi manajemen sistem informasi manajemen adalah sistem manusia dan mesin yang terpadu, guna menyediakan informasi yang mendukung proses,manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. Saya juga mengetahui unsu-unsur apa saja yang terdapat dalam system informasi yaitu masukan(input), kemudian memprosesnya dengan melakukan penghitungan,penggabungan unsure data,pemutakhiran dan lain-lain, yang pada akhirnya diperoleh keluaran (output).
Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi. Pengolah informasi dapat meliputi elemen-elemen komputer, non-komputer atau kombinasi keduanya.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab gagalnya membangun SIM, antara lain :
• Kurang organisasi yang wajar
• Kurangnya perencanaan yang memadai
• Kurang personil yang handal
• Kurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang sistem, mengendalikan upaya pengembangan sistem dan memotivasi seluruh personil yang terlibat.

4. Kemampuan teknis sistem komputer :
• Pemrosesan data batch
• Pemrosesan data tunggal
• Pemrosesan on-line, real time
• Komunikasi data dan switching pesan
• Pemasukan data jarak jauh dan up date file
• Pencarian records dan analisis
• Pencarian file
• Algoritme dan model keputusan
• Otomatisasi kantor.


Didalam tugas ketiga saya dapat mempelajari tentang apa itu Computer Based Information System (CBIS),Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer.
Sub Sistem dari Sistem Informasi Berbasis Komputer


Sub sistem dari CBIS adalah :
1. Sistem Informasi Akuntansi
2. Sistem Informasi Manajemen
3. Sistem Pendukung Keputusan
4. Automasi Kantor (Virtual Office)
5. Sistem Pakar
Pada tugas kedua saya juga dapat mengetahui apa saja manfaat dan kendala yang terdapat dalam e-commerce

Manfaat yang diantisipasi dari Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik:
1. Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
3. Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
4. menekan biaya barang dan jasa,
5. serta dapat meningkatkan kepuasan konsumen sepanjang yang menyangkut kecepatan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan kualitas yang terbaik sesuai dengan harganya
6. memperpendek waktu produk cycle
7. meningatkan Value Chain
8. meningkatkan costumer loyality
9. dan melebarkan jangkauwan.


Secara ringkas keuntungan e-commerce tersebut adalah sebagai berikut :
=Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
=Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
=Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.

Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik (e-commerce):
1. Masih banyaknya masyarakat Indonesia yamg masih belum mengerti tentang internet,belum mempunyai kartu kredit,kenyamanan berbelanja online.
2. persaingan yang sangat ketat
3. banyaknya kriminalitas di internet seperti card froud (pencurian akses kartu kredit)
4. budaya orang Indonesia yang tidak nyaman jika hanya dengan melihat catalog product tanpa menyentuh,dicoba dan juga melakukan tawar-menawar
5. infrastruktur internet yang tidak merata di seluruh Indonesia
6. jasa kurir yang tidak terjangkau ke daerah tertentu

saya dapat mengetahui apa itu Management by exception di Tugas keempat, Management by exception adalah suatu gaya yang diikuti manajer, yaitu manajer terlibat dalam aktivitas hanya jika aktivitas itu menyimpang dari kinerja yang dapat diterima.
Management by exception memberikan tiga keuntungan dasar, yaitu :


1. manajer tidak membuang-buang waktu untuk memantau aktivitas yang berlangsung secara normal.
2. karena lebih sedikit keputusan yang dibuat, tiap keputusan dapat memperoleh perhatian lebih menyeluruh.
3. perhatian dipusatkan pada peluang-peluang, maupun pada hal-hal yang tidak berjalan semestinya.
Di tugas keempat saya tahu betapa Pentingnya pengendalian Sistem Informasi. Yaitu kegiatan-kegiatan yang dilakukan manajer system informasi untuk meyakinkan bahwa pengendalian-pengendalian di dalam system teknologi informasi masih tetap dilakukan dan masih efektif dalam mencegah ancaman dan gangguan terhadap system informasi.


Tugas pengendalian dalam Sistem Informasi yang terdiri dari :
=Proses menjamin bahwa tugas tertentu dilaksanakan secara efektif dan efesien.
=Berorientasi pada transaksi.
=Dilakukan berulangkali (amat sistematis).
=Ada hubungan sebab akibat (lebih ilmiah).

Tahap-tahap yang harus dilakukan pada permulaan transaksi terdiri atas ;
=Permulaan dokumen sumber
=Kewenangan
=Pembuatan input computer
=Penanganan kesalahan
=Penyimpanan dokumen sumber
=Entri Transaksi (Transaction Entry)

Entri transaksi mengubah data dokumen sumber menjadi bentuk yang dapat dibaca oleh komputer. Kontrol ini berusaha untuk menjaga keakuratan data yang akan ditransmisikan ke jaringan komunikasi atau yang akan dimasukkan secara langsung ke dalam komputer. Area kontrolnya meliputi atas :
=Entri data
=Verifikasi data
=Penanganan kesalahan
=Penyeimbangan batch
=Komunikasi Data (Data Communication)

Ditugas yang kelima saya dapat mempelajari tentang perdagangan melalui jaringan elektronik (e-commerce) Perdagangan melalui jaringan elektronik : penggunaan komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan.


Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik :
1. Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
3. Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.

Kendala :
1. Biaya tinggi
2. Masalah keamanan
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau belum tersedia.

Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik dapat dilakukan dengan :a. Sistem antar organisasai (IOS) adalah suatu kombinasi perusahaan-peusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai sistem tunggal.

0 komentar: